Sunday, October 25, 2009

You Tube

Murid : "Bu, minta lagu...."
Guru : "Hmmm, sebentar.... (guru mencari perbendaharaan lagu-lagu
yang kira-kira sesuai dengan kemampuan murid).
Ini, ada Waltz Op. 64 no. 1 nya F.Chopin, lalu Fountain in the Rain  
nya F. Gillock dan Dragonfly nya Melody Bober.

Murid : "Ibu mainin....".

Guru memainkan masing-masing lagu, sehalaman, tidak sampai selesai.
Maksudnya untuk apresiasi saja agar murid mendengarkan sebagian lagu  
yang ingin dia mainkan.
Sisanya, murid yang harus mencoba sendiri lagunya seperti apa,
kalau dimainkan seluruhnya.

Saya memang memberikan keleluasaan kepada murid untuk 
belajar lagu-lagu yang mereka sukai.
Dengan mempelajari lagu yang mereka sukai, 
sudah satu langkah maju, supaya mereka mau belajar dan latihan.
Sulit menuntut murid untuk rajin latihan bila lagunya tidak
disukai murid.

Akhirnya murid saya ini, memilih Dragonfly.

Guru : "Apa artinya Dragonfly ?".

Lalu kami berdiskusi tentang lagu dan ekspresi.

Minggu ke-dua setelah lagu Dragonfly, murid saya bertanya :
"Bu, ada Romance nya Melody Bober gak ?"
Guru : "Romance ?"
Murid : "Iya Bu, di You Tube ada".
Guru dalam hati, Oh, ini sebabnya, dalam 2 minggu lagu tersebut 
sudah hampir "jadi", dimainkan cukup detail. 
Anak-anak mencari info, dari You Tube untuk mencari tahu lagunya seperti apa.
Bahkan lebih dulu tahu daripada gurunya lagu-lagu lain yang diciptakan  
oleh komposer yang sedang dia pelajari ciptaannya.

Guru : "Nanti yaaaa, saya cari dulu. Ada juga Valse Dramatico".
Murid : "Iyaaa, itu juga ada. Mau deh Bu, belajar lagu itu".
Guru : "OK".