Thursday, August 07, 2008

Abah Rama

Tiba-tiba saja, suami heboh membicarakan "Abah Rama".
Seseorang yang konon adalah alumni ITB yang sekarang memperdalam
"Talents Mapping".
Konon beliau membuat semacam program dan perangkat lunak yang
disusun sedemikian rupa, sehingga dapat mentes bakat bahkan
pekerjaan yang cocok dengan seseorang.

Tadinya saya tidak tertarik, karena diusia saya sekarang ini,
apa yang bisa saya lakukan hanyalah menjalani yang sekarang
sudah berjalan.
Apakah saya di jalan yang benar atau di jalan yang salah ?
Apakah pekerjaan saya cocok dengan karakter atau bakat saya ?
Ada banyak kebetulan, ada banyak kondisi, ada banyak keterbatasan,

yang menyebabkan saya berprofesi seperti sekarang ini.
Kadang-kadang saya berpikir, mungkin saja, saya terjebak dengan
keadaan saya sekarang.

Tapi ... bolehlah, untuk seru-seruan.
Jadilah saya mengisi 2 form pertanyaan dalam format Excel.
Yang pertama "Personal Strenght Statement", terdiri dari 114 pertanyaan.
Yang kedua form isian "Peta Bakat", terdiri dari 170 pertanyaan.

Hasilnya ....
Pada Urutan Bakat, ada 34 urutan, urutan pertama Analytical, Futuristic,
Responsibility .... terakhir adalah Competition.
Kemudian Fungsi yang sesuai dengan diri saya, ada 10 urutan, yang pertama
Inventing, Discovering, Synthesizing ...yang terakhir adalah Producing.
Lalu ada "Peta Bakat" saya, mirip dengan gambar "Mind Mapping".

Kalau Apsarasapsari, Fungsi yang sesuai, urutan pertama adalah Teaching.
Yaaahh .... kita lihat saja nanti, apakah Apsarasapsari akan menjadi guru.
Daridaru belum ikut "tes" ini karena masih sibuk magang.

No comments: