Wednesday, March 18, 2009

Murid Balita

Di kursus piano tempat saya mengajar, rencananya akan menerima
murid usia 4 tahun.
Sebelumnya, ada ketentuan di tempat kursus, syarat penerimaan
murid baru adalah usia 5 tahun ke atas.
Wah, pengalaman saya menghadapi anak balita, yaaa dulu sekali
mengasuh anak sendiri, yang dua orang, yang sekarang usianya sudah
20 tahunan itu.
Interaksi dengan balita atau bayi, hanya kalau saya berkunjung
ke Jakarta, ke cucu-cucu kakak saya.

Satu-satunya murid piano yang usianya 4,5 tahun, Asih, hanya
bertahan 3 bulan.

Menurut saya, tidak mudah mengajar piano pada murid balita.
Kesatu mereka belum sepenuhnya bisa berkonsentrasi, kedua
motorik halusnya belum terkendali dengan baik.

Sekarang ini, kami sedang mengkompilasi beberapa lagu-lagu yang
sekiranya bisa dimainkan oleh murid balita.
Dengan bentuk tangan dan jari-jari mungil mereka, lagunya seperti
apa yaaaa ?

No comments: