Saturday, January 31, 2009

Rice Flour Cake

Malam-malam mamanya Iksan sms, tanya : "Bisa pesan
Cake Ketan Hitam gak ?".
Saya kebetulan sering membuat Chiffon Cake Ketan Hitam.
chiffon cake yang terigunya saya campur dengan tepung ketan hitam,
sehingga menghasilkan cake berwarna hitam dan wangi tepung ketan.

Hari Selasa, 27 Januari 2009, Ikhsan ulang tahun ke 18.
Kami sekeluarga sudah faham, bahwa Ikhsan yang autistik ini
asupan makannya dilarang mengandung gluten.
Tepung terigu sebagai bahan dasar kue, roti dan cake mengandung
gluten.

Setelah beberapa sms, maka diputuskan kue yang akan saya buat
adalah "marmer cake" berbahan dasar tepung beras.
Padahal saya belum pernah membuat jenis kue ini.
Saya bolak-balik koleksi resep saya. Rata-rata cake berbahan
dasar tepung terigu.
Tak kurang akal, mulailah saya mencarinya dari "langit".
Istilah saya, untuk browsing.
Saya menemukan 2 macam resep kue. Salah satunya berbahan
dasar tepung beras merah dan dikukus.
Resep yang lain, berbahan dasar tepung beras putih dan maizena,
lalu dicampuri dengan tape ketan hitam kemudian dipanggang.

Setelah mempelajari dan membandingkan resep-resep kue yang sudah
pernah saya coba dan pengalaman kegagalan, jadilah sebuah resep
baru Chiffon Cake Tepung Beras Putih.

Bahan-bahannya :
5 telur, putihnya
sejumput garam
150 gr gula berbutir halus ( castor )
1/4 sdk teh cream of tartar.

200 gr margarin
6 telur, kuningnya

150 gr tepung beras putih
25 gr maizena
2 sdk teh bak puder
1/4 sdk teh soda kue

2 sdk teh coklat bubuk
kacang kenari untuk taburan


Cara membuat :
Putih telur, garam, gula dan cream of tartar dikocok dengan
mixer kecepatan tinggi sampai kaku.

Margarin kocok dengan mixer kecepatan rendah, masukkan
kuning telur satu demi satu sambil dikocok sampai lembut.
Masukkan campuran tepung beras-maizena-bakpuder-soda kue
yang sudah diayak.
Aduk sedikit demi sedikit dengan sendok kayu sampai tercampur.

Lalu masukkan kocokan putih telur.
Aduk perlahan.
Ambil adonan kira-kira 1/2 mangkok campur dengan bubuk coklat.

Siapkan loyang chiffon cake, alasi dasarnya dengan kertas roti.
Masukkan adonan, atur campuran adonan coklat sampai membentuk
pola marmer.
Taburi kacang kenari.
Panggang kira-kira 45 menit, atau sampai kue matang.
Setelah matang, loyang langsung dibalik dan dinginkan.
Maksudnya supaya kue tidak "ambleg".
Taraaaa....kue sudah siap.

Enak ?....Wah, harus tanya ke mamanya Ikhsan.

1 comment:

Dyah Puspita said...

ENAK.
Padahal aku cuma nyomot remah2 sisa potongan kue yang (ternyata) habis ludes untuk 13 anak sekolah Mandiga. Itu juga diatur. Satu potong saja untuk yang sudah ikut ke KFC, dan dua potong untuk yang tidak ikut ke KFC.

Next time mungkin akan ada pesanan khusus: more kenari! :)